Jumat, 26 Agustus 2011

Antara Pendidikan kewarganegaraan dan NasionalismeAntara Pendidikan kewarganegaraan dan Nasionalisme

A:Pendidikan kewarganegaraan? apaan tuh? Ga penting bgt..
B: Wah itu pelajaran yang ngajarin kesyirikan tuh..
C: Gurunya ga pernah masuk kelas,ngeboringin..
D:mahasiswa nya "buangan"
E:Jurusan ece2..
dll. . dll...

.....

Mungkin komentar2 itu yg sering keluar dr orang2 yg kita tanya tentang Pkn atw pendidikan kewarganegaraan.
..
Gw disini ga mau ngebantah anggapan2 tersebut apalagi mengiyakan.
gw cuma pengen kita bs berfikir luas dan gak dangkal!
...
apa hububgannya Pkn sama nasionalisme?
Nasionalisme apa sih?
katanya nasionalisme itu cinta tanah air.apa indikatornya?Upacara?masang bendera pas 17an?
Hmmm...
Buat gw,nasionalisme itu ga hanya itu indikatornya..
kalo lw ngaku lw cinta indonesia,lw hrs ngelakuin sesuatu bwt bangsa ini.Jgn cuma bs ngehina,nuntut tanpa ngelakuin apapun!
Tapi buatlah bangsa ini maju dimulai dr diri lw sendiri. .
gw rasa kalo kita bs brmanfaat bwt org lain itu bs diblg nasionalisme.
yang jelas,nasionalisme itu luas,pun dengan Pkn..
menurut gw,substansi dr pelajaran Pkn adl bgmn kita bs mjd pribadi yg taat hukum.Hukum Tuhan atwpun hukum negara.
Disiplin,Jujur,tanggung jawab adl inti dr pendidikan kewarganegaraan.
..
*Jangan kau benci sesuatu/seseorang jika kau tak mengetahui byk hal ttg sesuatu/seseorg tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar